SESUAI RENCANA TUHAN

January 13, 2019 | Penulis: Ps. Jefry Radona Wuntu,S.Th.

Dalam suasana di awal tahun, pasti bagi sebagian orang   sudah membuat sebuah rencana untuk dilakukan di waktu kedepannya. Rencana itu dibuat supaya apa yang menjadi resolusi atau target yang ingin dicapai di tahun ini bisa tercapai. Satu hal yang bagi sebagian orang lupa yaitu bahwa apapun rencana yang sudah dibuat maka yang paling utama adalah melibatkan Tuhan, artinya mengundang Tuhan di dalam rencana itu. Karena mengenai hari depan hanya Tuhan yang tahu, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di hari yang akan datang (Yak 4:13-14).

Dalam membuat sebuah rencana kita harus datang kepada Tuhan meminta petunjuk dan pertimbangan dari Tuhan (Ams 15:22), dalam setiap rencana kita harus berserah kepada Tuhan dan meminta agar rencana Tuhan yang terjadi dalam kehidupan kita, karena Tuhan sudah merancang hidup kita untuk menikmati hari depan yang penuh dengan harapan (Yer 29:11)

Dalam Alkitab, kita bisa menemukan ada banyak orang yang berserah kepada rencana Tuhan. Kita belajar dari Abraham, Yusuf, Daniel dan yang lainnya ketika hidup mereka hanya berserah dan taat kepada rencana Tuhan, maka mereka menjadi orang-orang yang luar biasa, bukan hanya bagi mereka secara pribadi tetapi juga bagi orang lain, artinya mereka menikmati hidup yang diberkati untuk menjadi berkat. Inilah yang terjadi kalau kita mau hidup sesuai dengan rencana Tuhan.

Sebab itu dalam setiap rencana kita di masa yang akan   datang, marilah kita berserah kepada rencana Tuhan. Biarlah doa kita seperti doa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus “..jadilah  kehendak-Mu di bumi seperti di Sorga..” (Mat 6:10 ; lihat juga 26:42).

Kehendak Tuhan yang terjadi atas hidup kita, dan rencana Tuhan yang nyata atas hidup kita, percayalah itu yang terbaik dalam kehidupan kita karena Tuhan begitu mengasihi kita.

 

Renungan