PRINSIP UNTUK MENIKMATI KEHIDUPAN YANG BERHASIL

December 31, 2018 | Penulis: Ps. Jefry Radona Wuntu,S.Th.

Semua kita menginginkan kehidupan yang berhasil. Tuhan pun memiliki sebuah rencana dalam kehidupan kita untuk berhasil. Tuhan menyatakan itu lewat sebuah cerita dalam Alkitab bagaimana rencana Tuhan bagi bangsa Israel supaya mereka dibebaskan dari perbudakan di tanah Mesir dan hidup dalam kemerdekaan dan kebahagiaan di tanah perjanjian. Tanah yang dikatakan adalah suatu daerah yang limpah susu dan madu.

Untuk mereka memasuki tanah perjanjian maka tidak semudah yang dipikirkan oleh bangsa Israel akan tetapi mereka harus melewati berbagai proses. Untuk kita bisa melewati dan menang atas setiap proses maka kita harus memiliki prinsip. Fungsi dari prinsip yaitu menjadi pegangan kita, panduan kita untuk membawa kepada tujuan , bahwa ketika kita mau menyerah pada proses maka orang yang memiliki prinsiplah yang akan mampu memotivasi dirinya sendiri untuk tidak menyerah dan terus berjuang.

Prinsip yang harus kita lakukan untuk kita menikmati kehidupan yang berhasil (kehidupan dalam tanah perjanjian Tuhan) kita bisa pelajari dalam bagian Alkitab seperti dalam Yosua 3:1-10, dan bisa kita membaginya dalam 3 prinsip yaitu :

  1. Meresponi dan mengikuti pimpinan Tuhan (Yos 3:3), pimpinan/tuntunan Tuhan Dia berikan lewat Firman-Nya. Firman Tuhan adalah suara Tuhan yang Dia perdengarkan bagi kita untuk kebaikan kita, sehingga setiap hari kita selalu didorong untuk membaca dan merenungkan Firman Tuhan, ketika kita beribadah ada suara Tuhan yang diperdengarkan maka kita harus responi dengan kita melakukannya.
  2. Menyelaraskan hidup dengan aturan Tuhan (Yos 3:5), hidup yang selaras dengan aturan Tuhan adalah hidup dalam kekudusan Tuhan. Kekudusan adalah hal yang harus kita jaga sebab Allah kita adalah Allah yang Kudus. Tuhan tidak pernah kompromi dengan hal yang tidak kudus. Kekudusan hidup kita itu akan menjadi area/daerah dimana Tuhan bekerja, sebab itu jagalah kekudusan
  3. Melangkah dengan Iman dan Firman Allah sebagai jaminan (Yos 3:9,10), Tuhan menginginkan kita untuk melangkah artinya Tuhan mau kita bergerak dan tidak diam. Tuhan mau kita aktif di dalam melangkah di dalam iman kita kepada Tuhan, meskipun banyak tantangan kita harus terus melangkah ke depan karena Tuhan kita adalah Imanuel. Tuhan yang selalu menyertai kita dan Dia Tuhan yang berjanji dan pasti Dia tepati karena itu sudah dinyatakannya dalam Firman-Nya.

Lakukanlah ketiga prinsip ini di tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya dan kita akan menikmati kehidupan yang berhasil, kita akan menikmati kelimpahan susu dan madu di tanah perjanjian, rencana Tuhan yang indah akan terjadi dalam kehidupan kita..Amin

 

(Ps.Herry Wuntu)

Bpk.Gembala

(Ibadah OLD & NEW)

Ringkasan Khotbah