DIAWALI DENGAN KEBESARAN TUHAN

January 1, 2019 | Penulis: Ps. Jefry Radona Wuntu,S.Th.

Hari yang pertama di tahun 2019, sebagai pembuka dari peristiwa-peristiwa yang akan kita lewati disepanjang tahun 2019. Banyak orang yang sudah membuat resolusi atau membuat suatu keputusan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu di tahun ini. Sangat baik tentunya hal itu. Akan tetapi satu hal yang harus kita ingat, bahwa setiap resolusi itu akan tercapai jikalau kita melibatkan Tuhan, mengundang Tuhan untuk menyertai kita, dan tentunya mengandalkan Tuhan. Ketika kita melakukan hal itu maka itu artinya kita ada di dalam Tuhan, sebaliknya ketika kita diluar Tuhan kita tidak dapat melakukan apa-apa (Yoh 15:5 b).

Pertanyaannya mengapa kita harus ada di dalam Tuhan dan mengandalkan Dia ? Jawabannya sederhana karena Tuhan memiliki kemampuan untuk menolong kita sehingga kita mampu mencapat tujuan itu. Tuhan kita adalah Tuhan yang Maha Kuasa, artinya Dia memiliki Kuasa yang melebihi Kuasa manapun juga sehingga Dia berjanji bahwa bagi Dia (bagi Tuhan) tidak ada yang mustahil dan juga bagi orang yang percaya kepada-Nya (di dalam Dia)

Allah kita yang Maha kuasa menyatakan dalam Firman-Nya bahwa pada mulanya Dia yang menciptakan langit dan bumi (Kejadian 1:1). Tuhan menempatkan bagian pembukaan Firman-Nya dengan menunjukkan kebesaran-Nya lewat kuasa-Nya yang menciptakan langit dan bumi. Siapapun tidak ada yang mampu menciptakan langit dan bumi bahkan terus mengatur keadaan langit dan bumi ini, hanya Tuhan yang mampu. Tuhan kita yang mampu untuk menciptakan dan mengatur alam semesta dengan begitu baik, indah dan sempurna juga sanggup untuk mengatur setiap kehidupan kita. Dia yang menciptakan kita, Dia mempunyai rancangan yang indah bagi setiap kehidupan kita.

Sebagai pembukaan tahun, Tuhan juga mengawali dengan satu ajakan lewat Firman-Nya untuk kita tetap ada di dalam Dia, karena Dia adalah Tuhan Maha Kuasa. Sebab itu setiap hari disepanjang tahun 2019, tetaplah kita di dalam Tuhan.

Renungan